Tips Modifikasi Honda CB

Wednesday, July 18, 2012


Tips Modifikasi Honda CB. Cara modifikasi Honda CB 100, 125CC, 175CC, 200CC bisa dicangkokan komponen mesin generasi HONDA semisal GL 100, GL PRO, TIGER juga bisa mencaplok komponen motor lain. Honda CB Bore Up, Hampir sebagian orang awam beranggapan bahwa cara mudah menaikkan performance adalah dengan mengganti CDI spek racing ataupun menukar mengubah knalpot. Akan tettapi secara teori itu salah.

Tips Modifikasi Honda CB Terbaru. Justru memperbesar porting dianjurkan sebagai awal langkah memperbesar dapur pacu 4 tak selain harus main Bore Up. Memperbesar porting sama juga dengan memperlebar jalan masuk udara-bahan bakar dan mempercepat terbuangnya gas sisa keluar dari mesin. Permainan porting ini bertujuan meningkatkan efesiensi volumetric. Artinya, daya isap piston di-upgrade melalui tekanan gas masuk yang disebabkan porting tersebut. Sebagai contoh motor standart dibuat untuk meningkatkan efesiensi bahan bakar alias penggunaan bensin irit sehingga dalam sekali isap piston mampu menyedot 10 gram bensin-udara.

Gambar Modifikasi Honda CB 100 Japstyle

Ketika jalan diperbesar, otomatis jumlah yang terhisap meningkat missal menjadi 15 gram. Setara dengan jumlah yang masuk, tentunnya tenaga meningkat.
Dalm memperbesar porting banyak caranya. Paling mudah adalah memperhalus kulit jeruk pada dinding inlet port ataupun outlet port (lubang masuk dan lubang keluar). Untuk lebih ekstrim dari memperhalus dan memperlebar, yaitu arah porting ditata ulang.
Sudut tembak porting diluruskan dengan ruang bakar. Hal ini dilakukan agar menyingkat waktu tempuh kabut bensin dari karbu ke ruang bakar. Makin cepat akselaresinya bagus. Sebagai paatokan memperbesar porting bahwa diameter porting sebaiknya ada diantara 95%-100% dari diameter klep. Jadi semisal Klep masuk Honda Tiger 31mm, maka diameter porting berada diantara 29,45mm hingga maksimal 31mm. Demikian pula dengan porting buang.

Untuk anda yang belum sepenuhnya mengerti cara modifikasi honda cb 100 ini ada sedikit tips Modifikasi Untuk Honda CB 100 Anda agar menjadi lebih enak di pakai di jalanan dan tampilannya garang.

Modifikasi Honda CB 100 Ringan/Standart

1. Memperbesar cc.
Piston bisa diganti dengan CB125/GL125 dan untuk CB100 maksimum lebih baik punya GL Pro. Itu aja udah amat sangat tipis, jangan lebih ya. Yang pasti liner/boringnya juga diganti yang lebih gedhe, itu jika mau aman.Untuk piston GLpro kudu ngiris daging blok mesin yang bawah.Berikutnya menambah stroke/langkah piston. Ini bisa dilakukan dengan memindah pin setang seher yang bawah lebih menjorok keluar dengan batas aman 4 mm.

2. Pengapian
Untuk CB100 yang masih make Accu lebih baik diganti dengan CDI Shogun. Apinya lebih gede walaupun yang punya mocin juga oke buat harian. Untuk merubah dari platina ke CDI bisa denga 2 cara, yang pertama dengan menempelkan pulser di bekas dudukan platina tapi tidak dianjurkan melakukan itu, sebab jarak pengapian terlalu pendek trus pengapian bisa berubah-ubah tergantung dari kelayakan Noken AS, yang bila oblak maka pengapia juga ikut berubah. Itu juga masih tergantung dari rantai keteng, laher dan bos nokenAs.

Yang kedua dengan menempelkan pulser di As Kruk. Usahakan make pulser yang original, yang baik sih punya honda Tiger, Kawaksaki binter Joy, yang biasa make grand aje caranya potong plat besi seukuran 1×1,5 cm dengan tebal 2 mm. Las di as kruk bagian bawah, dan las juga / buat dudukan buat pulsernya. Jarak pulser dan plat tadi 1,5 mm.Pemasangan CDI menurut kabel yang dipunya tiap CDI tsb. Ada juga tambahan : ambil magnet + spul punya grand/supra dan tempelin di dudukan magnet yang lama ( perlu modif dikit ). Abis itu buat coakan di blok sebelah kiri dan minta buatin ke las alumunium buat dudukan pulsernya.

3. Karburator
Karbu tentu minta spuyer yang lebih besar, tapi tentunya lebih baik diganti dengan punya GLpro atau tiger, yang punya yamaha RX juga oke, tapi buat dudukan sendiri.

Modifikasi Honda CB 100 Berat.

Modif ini intinya sama dengan yang diatas, biasanya sih ambil satu set blok kop punya GL Max/pro. Trus piston juga bisa mengaplikasi dengan punya Tiger, syaratnya baut dudukan kop mesin ikut diubah. Magnet bisa ditiadakan bila aplikasi CDI DC dengan aki kering. Yang susah rantai keteng, nyari aja bekas punya GLMax/Pro yang justru udah molor. Bila sproket belakang standar, gigi sekunder satu ama dua bisa diganti. Atau jika tetep ya sproket blakangnya yang dikecilin. Untuk trek panjang udah cukup gear set CB100, tapi kalo buat trek pendek dan patah2 mendingan gear setnya GL100.

free7 network twitter technorati