Honda CB Tahun 1978 - Rombak Total untuk Modifikasi Harian

Wednesday, August 4, 2010





BAGI sebagian penggemar modifikasi sepeda motor khusus kontes, modifikasi yang dikenakan biasanya selalu ada perubahan. Itu sengaja dilakukan agar sesuai dengan keinginan dan keperluan pemiliknya. Saat kontes modifikasi yang diikutinya selesai, tampilan sepeda motor diubahnya menjadi kendaraan harian, namun tetap dibuat menarik.

Itulah yang kerap dilakukan Jank Kazew, pemuda warga Kp. Galumpit RT 02/01, Garut pada Honda CB tunggangannya. Meski saat ini modifikasi Honda CB-nya terlihat sederhana, ubahan yang diaplikasikan masih memiliki daya tarik tersendiri. Sepeda motor keluaran 28 tahun silam tersebut dirombak total, hanya menyisakan bagian rangka dan blok mesin bagian kiri. Konsep modifikasi yang digarapnya membuat tampilan Honda CB-nya berubah wajah dari penampilan aslinya.

Rombakannya dimulai dari pegangan kemudi yang digawangi setang Honda Tiger, kemudian shockbreaker mencomot Suzuki Satria. Untuk posisi head lamp, mengadopsi lampu Yamaha RX King mengganti orisinalnya. Sementara bagian roda, Kazew sapaan akrab rekan se-komunitas, mempercantik dengan penggunaan pelek standar yang dihiasi jari-jari rapat berjumlah 72 buah.

Pembungkusnya, ban berlabel Swallow berdimensi 200-17 menambah tampilan rodanya lebih trendi. Penutupnya ditancapkan spakbor milik Suzuki Satria berkelir oranye menggusur spakbor aslinya. Segi keamanan berkendara pun tak luput dari perhatiannya. Satu set cakram Suzuki Satria dipercaya mampu menangkal kecepatan sepeda motornya.

Ubahan lainnya segera dilanjutkan dengan mengganti posisi tangki orisinal dengan menancapkan tangki milik Honda Mega Pro yang telah dicelup krom. Tak hanya dibuat kinclong, tampilan tangkinya lebih unik dengan coakan di bawahnya. Keberadaan tangki Mega Pro tersebut diserasikan dengan diaplikasikannya seperangkat bodi belakang, lengkap dengan handle bermerek serupa serta dilabur cat berwarna oranye.

Setelah sektor depan selesai digarap, tampilan belakang Honda CB-nya tak ketinggalan ikut diperbaharui dan tak kalah semaraknya. Sistem suspensi dibuat mantap dengan menancapkan sokbreker Yamaha F1ZR yang dipasang lebih miring dari dudukan aslinya. Untuk penopangnya dibuat kokoh dengan menancapkan arm Honda Tiger. Di bagian roda masih menggunakan pelek standar dengan jari-jari berjumlah 72 buah dengan dibalut ban berlabel Swallow ukuran 200-17 pula. Demi mendukung tampilan tangki dan bodi, lampu belakang pun turut mencomot produk Mega pro.
Merasa belum puas dengan modifikasinya, wakil ketua dari Komunitas GMCC (Garut Motor Ceper Club) ini, melanjutkan garapannya pada mesin. Seteleh bagian luar mesin dibuat resik dengan laburan cat berkelir oranye, "jeroan" mesin ikut dilakukan modifikasi pula. Kinerja dapur pacunya sudah dipastikan lebih meningkat setelah mesin dilakukan pembenahan dengan mengadopsi perangkat dari Honda Tiger. "Awalnya sih Honda CB-nya digarap khusus untuk sepeda motor drag. Jadi sudah pasti jeroan mesin ikut dioprek," ungkap Kazew. (Dian)

(pikiran rakyat)

free7 network twitter technorati